Karya Tulis Bab iii


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
           
            Berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Cyberbullying merupakan tindakan yang illegal bagi para anak-anak yang masih sekolahan. Cyberbullying dapat terjadi kapan saja dan segera. Pada saat kejadian tersebut, dapat menangani dampak buruk yang ditimbulkan. Seperti yang dikatakan dari bab sebelumnya, ada 3 pihak yang terlibat dalam Cyberbullying yaitu, korban, pembully, dan bystander (Saksi kejadian)

            Indonesia memiliki kasus Cyberbullying tertinggi kedua di dunia, kasus ini di selidiki oleh Letitude News, Indonesia menjadi negara yang memiliki kasus Cyberbullying tertinggi kedua di dunia setelah negara jepang. Di Indonesia 74 persen kasus Cyberbullying dilakukan melalui jejaring sosial Facebook dan 44 persen melalui jejaring sosial lainnya.  Dengan jumlah tersebut membuat Indonesia menjadi kasus cyberbullying tertinggi yang kedua di dunia. Kurangnya pengetahuan tersebut membuat masyarakat di Indonesia masih melakukan cyberbullying.

Banyak masyarakat Indonesia tidak mempedulikan kejadian cyberbullying, padahal bisa menyebabkan kematian korban. Pemerintah harus tegas dalam kasus seperti ini.
3.2 Saran
            Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis menyarankan :
1.      Kepada Pembaca
Penulis meberikan saran  kepada semua yang membaca karya tulis “Cyberbullying di Dunia” untuk mulai sadar diri dan menyebarkan pentingnya pengetahuan ini tentang Cyberbullying terutama di Indonesia. Dan sebarkan pengetahuan ini ke saudara-saudara, tetangga, dan orang lain, supaya cyberbullying tidak terjadi kembali dan supaya tidak ada lagi orang yang bunuh diri karena cyberbullying.
2.      Kepada Pemerintah
Untuk pemerintah saya saran kan untuk menyebarkan pengetahuan ini untuk menghindari kasus cyberbullying dan saya sarankan pemerintah harus lebih tegas terhadap kasus ini.
3.      Kepada Penulis sendiri
Untuk saya sendiri, saya berharap bisa lebih baik menulis dalam karya tulis ini dengan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, saya harus lebih banyak membaca supaya menambahkan ilmu pengetahuan saya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSKUL

Rangkuman Menulis Setiap Hari

Liputan Pentas Seni SMP Labschool Jakarta